Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab Laptop di Cas Tidak Mengisi, Penting untuk Diketahui!

Baterai laptop akan mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu. Mulai dari yang sebelumnya awet menjadi lebih boros, sampai kendala terkait charge. Untuk menopang aktivitas pengguna, laptop harus dalam keadaan baterai terisi. Nah, jika pengisian gagal tentu menjadi masalah serius. Jangan khawatir, pelajari dahulu beberapa penyebab laptop di cas tidak mengisi berikut.

Penyebab Laptop di Cas Tidak Mengisi


Sebagai pengguna, sudah menjadi kewajiban untuk merawat laptop yang dimiliki sebaik mungkin. Sebaiknya menghindari beberapa hal yang berpotensi membuat baterainya rusak. Seperti charge semalaman penuh maupun di charge sembari digunakan.

Dengan mengetahui penyebab laptop di cas tidak mengisi, Anda bisa mengatasi permasalah secara efektif.

Deretan Penyebab Laptop di Cas Tidak Mengisi Paling Umum

1. Problem pada Driver Baterai

Faktor yang pertama yaitu adanya gangguan pada driver baterai karena pengaruh dari instalan piranti lunak di dalamnya. Bisa jadi pengaruh tersebut menghambat kinerja baterai sehingga tidak optimal seperti seharusnya.

Selain itu, siklus pengisian yang dilakukan oleh pemilik tidak sesuai standar (mengisi laptop saat menggunakannya) turut memberikan dampak. Oleh karenanya kurangi memanfaatkan laptop pada waktu sistem operasi tengah bekerja.

2. Problem pada Kabel Charger

Faktor yang kedua, kemungkinan disebabkan karena adanya gangguan pada kabel charger sebagai penghubung daya. Diantaranya bentuk robekan, bau plastik terbakar, dan bekas terlipatnya kabel baterai.

Penyebab lain yang bisa membuat kabel bermasalah terdapat dalam kabel charger yang mana tidak terlihat. Biasanya terjadi karena pemilik kerap menarik dengan keras sehingga kabel di dalamnya mengalami gangguan.

3. Problem pada Adapter Charger

Faktor yang ketiga berkaitan dengan gangguan pada adapter charger, dimana kondisi ketidakstabilan daya mempengaruhi. Umumnya ini terjadi karena pemakaian adapter non-original yang tidak memiliki kemampuan tersebut.

Ketidakmampuan membuat elemen yang ada dalam adapter charger menjadi terganggu saat sedang bekerja. Untuk itu, sebaiknya pengguna laptop tetap menggunakan adapter original kecuali ada kendala lainnya.

4. Problem pada Port Charger

Faktor keempat masih seputar charger, lebih tepatnya pada bagian port yang secara tidak langsung mengganggu pengisian. Kemungkinan gangguan disebabkan oleh adanya benda asing seperti debu pada port.

Untuk menyiasatinya, sebelum pengguna melakukan pengisian pada laptop alangkah baiknya memperhatikan di bagian tersebut. Apabila memang ada debu atau kotoran, maka bersihkan terlebih dahulu secara lembut agar tidak merusak elemen yang bertaut.

5. Pemasangan Charger pada Stop Kontak yang Terlalu Lama

Faktor kelima sebagai penyebab laptop di cas tidak mengisi terkait dengan pemasangan charger yang berlebihan. Maksudnya, penggunaan charger yang  terlalu lama dipasang pada stop kontak padahal sudah tidak diperlukan dapat membuat adaptor menjadi panas.

Ini artinya pengguna harus lebih memperhatikan lagi dengan mencabut adapter saat sudah selesai menggunakan laptop. Selain mencegah kejadian adapter yang panas, pemilik dapat berkontribusi dalam pemanfaatan hemat listrik.

6. Problem Laptop yang Terlalu Panas

Faktor keenam sebenarnya tidak hanya bisa mempengaruhi kinerja laptop waktu sedang mengisi, namun kemungkinan elemen lain pun ikut terpengaruh. Pemakaian laptop yang berlebihan tanpa durasi biasanya menjadi akibat masalah berikut ini.

Untuk menyiasati permasalahan, pengguna dapat memanfaatkan laptop secara benar yang tidak terlalu lama. Mungkin sembari jeda, pengguna bisa refreshing terlebih dahulu atau mencari udara segar apabila sedang berada di dalam ruangan.

7. Baterai Laptop yang Sudah Rusak

Faktor terakhir yang mempengaruhi pengecasan laptop berhubungan dengan baterai itu sendiri. Dimana baterai yang sudah rusak atau umurnya tua tidak bisa menyimpan daya sehingga meskipun pengisian terus berlangsung akan gagal.

Pengguna dapat mencegah permasalahan yang berkaitan baterai rusak dengan tidak mengecas secara berlebihan. Bukan hanya itu saja, pengecekan berkala juga bisa menjadi alternatif pencegahan kondisi baterai agar tahu kemampuan penyimpanan daya.

Demikian penyebab laptop di cas tidak mengisi yang diharapkan dapat membantu para pengguna untuk menyiasati permasalahan. Namun, apabila faktor-faktor tersebut bukan sebagai sebab gagalnya pengisian, silahkan kunjungi gerai service komputer terdekat untuk mengetahui lebih lanjut.

Posting Komentar untuk "7 Penyebab Laptop di Cas Tidak Mengisi, Penting untuk Diketahui!"