Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Penyebab Dan 5 Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Dijamin Ampuh

Laptop itu sama seperti perangkat elektronik lainnya, yaitu berpotensi mengalami berbagai macam gangguan. Dalam pemakaian sehari-hari, pengguna bisa mengalami laptop blank hitam. Sebagai orang awam, seringkali merasa bingung ketika hal itu terjadi. Namun Anda jangan khawatir berlebihan, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut. Yaitu mengenai apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi laptop blank hitam.  Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Dijamin Ampuh


Penyebab Laptop Blank Hitam

Ada banyak hal yang menyebabkan laptop mengalami kondisi tersebut. Umumnya disebabkan oleh RAM yang kotor, sistem laptop mengalami kerusakan, hingga BIOS laptop corrupt. Tidak hanya itu, laptop blank juga bisa disebabkan oleh kabel fleksibel yang bermasalah.

Berbagai penyebab tadi bisa mengakibatkan laptop berakhir tidak bisa bekerja seperti biasanya. Untuk itulah perlu mengecek beberapa hal apabila laptop mengalami blank hitam agar mendapatkan solusi yang terbaik.

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam

Setelah mengetahui penyebabnya, tentu lebih mudah untuk mengatasi laptop blank hitam. Berikut beberapa cara yang patut buat coba dipraktekkan agar laptop bisa digunakan kembali.

1. Periksa RAM Laptop

Salah satu yang bisa membantu mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan memeriksa RAM laptop. Silahkan lepas penutup RAM dan lepaskan RAM dari socket-nya. Setelah itu, bisa pasang RAM kembali namun pastikan jika sudah terkunci dengan benar.

Selain memeriksa RAM, pengguna juga dianjurkan untuk membersihkan kuningan menggunakan penghapus. Jika terdapat lebih dari satu slot, maka bisa coba untuk memindahkan RAM ke slot yang lainnya.

2. Atur BIOS Ke Default

Mengatasi laptop blank hitam berikutnya bisa dengan mengatur BIOS ke settingan default. Hal tersebut bertujuan agar pengaturan yang salah pada BIOS bisa dikembalikan ke pengaturan awal.

Cara ini biasanya cukup berdampak untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun pastikan bahwa laptop bisa masuk ke BIOS. Untuk mengatur BIOS ke default, langkah-langkahnya sebagai berikut:

● Silahkan nyalakan laptop terlebih dahulu.

● Kemudian pengguna bisa tekan tombol “F2, F8, F11 maupun Del”.

● Silahkan buka menu “Exit” ketika sudah masuk ke BIOS.

● selanjutnya klik tombol “Load defaults”, lalu konfirmasi dengan klik tombol “Ok”.

● Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan dengan klik “Simpan perubahan dan keluar”.

3. Masuk Ke Mode Aman

Cara ini bertujuan untuk memperbaiki Windows yang mungkin mengalami error sehingga tidak dapat menampilkan layar seperti biasanya. Pengguna bisa melakukan pengaturan ulang pada driver VGA. Berikut langkah-langkahnya:

● Silahkan nyalakan laptop dan klik “F8” secara berulang.

● Kemudian silahkan pilih “Safe mode”.

● Setelah itu, bisa klik “Device manager” dan klik kanan pada “Driver VGA”.

● Selanjutnya klik “Uninstall”.

● Setelah itu, bisa coba kembali untuk melakukan pengecekan.

4. Lakukan Pengecekan Pada Kabel Fleksibel Layar Laptop

Cara mengatasi laptop blank hitam berikutnya yaitu melakukan pengecekan pada kabel fleksibel layar laptop. Kabel ini biasanya terletak di bagian bawah, persis di dekat layar dan berfungsi untuk menghantarkan data tampilan ke layar. Untuk mengecek kabel fleksibel, berikut langkah-langkahnya:

● Lepaskan casing layarnya terlebih dahulu.

● Setelah itu, pengguna bisa cek pada bagian pemasangan kabel fleksibel yang mengarah ke konektor.

● Selanjutnya, silahkan lepaskan kabel dan pasang kembali dengan benar. Apabila kabel tidak menyatu langsung ke layar, maka lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru.

5. Gunakan Monitor Eksternal Untuk Mengecek Laptop

Cara ini lebih efektif dan praktis karena bisa digunakan untuk mengecek 2 hardware sekaligus. Yaitu masalah kerusakan layar dan kerusakan VGA Card. Untuk langkahnya sebagai berikut:

● Sambungkan laptop ke monitor komputer menggunakan kabel. Pengguna bisa menggunakan kabel berbagai tipe, namun pastikan harus ada port-nya.

● Kemudian tekan tombol “FN + F1 sampai F12” pada keyboard.

● Apabila muncul gambar, maka yang mengalami kerusakan adalah LCD laptopnya sehingga harus diganti. Namun jika monitor tidak memunculkan gambar, itu berarti kemungkinan besar VGA Card yang mengalami kerusakan.  

Itulah penyebab dan 5 cara mengatasi laptop blank hitam. Jika cara diatas belum berhasil membuat laptop kembali normal, maka sebaiknya membawanya ke tempat service agar diperiksa secara lebih detail.

Posting Komentar untuk "Ketahui Penyebab Dan 5 Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Dijamin Ampuh"